BAB 3
MENGGUNAKAN TEKHNOLOGI INFORMASI DALAM
MENJALANKAN PERDAGANGAN ELEKTRONIK (E-COMMERCE)
PENDAHULUAN
Perdagangan elektronik yang disebut
juga e-commerce adalah penggunaan jaringan komunikasi dan komputer untuk
melaksanakan proses bisnis. Selain itu e-commerce adalah penggunaan internet
dan komputer dengan browser web untuk membeli dan menjual produk. Kalangan bisnis
menggnakan elektronik sebagai upaya untuk membuat oprasi berjalan dengan lebih
efisien. E-commerce bisnis ke konsumen adalh perkembangan terakhir dan
tampaknya semua orang kini menggunakan internet untuk membeli buku-buku dan music.
Meskipun saat ini e-commerce dianggap sebagai salah satu penjualan yang berbeda
dengan yang lainnya, namun hal ini sangat popular di mata masyarakat. Bisnis tumbuh
dan dapat berubah agar dapat mengambil keuntungan dari tekhnologi, baik itu
berupa tekhnologi telepon mauoun World Wide Web.
PERDAGANGAN ELEKTRONIK
Beberapa orang mendefinisikan
perdagangan elektronik (yang disebut juga e-commerce) dengan sangat
sempit. Definisi sempit yang Orang-orang ini akan menyebutnya sebagai transaksi
bisnis elektronik. Dengan pandangan ini,istilahbisnis elektronik dan perdagangan
elektronik akan sama. Banyak operasi perusahaan adalah internal
dilaksanakan di dalam batas perusahaan oleh bidang bisnis keuangan, sumber daya
manusia, layanan informasi, produksi, pemasaran, dan lain-lain. Dalam definisi
luas kita ini, suatu transaksi bisnis yang menggunakan akses jaringan,sistem
berbasis komputer,dan antarmuka (interface)sebuah browser.Web akan
memenuhi persyaratan sebagai perdagangan elektronik (e-commerce).
E-Commerce di Luar Batas Perusahaan
Akan bermanfaat jika kita membedakan 2
jenis e-commerce yang terjadi dengan entitas di luar batas perusahaan.
E-Commerce bisnis-ke-konsumen (busibess-to-consumer—B2C)mengacu pada
transaksi-transaksi yang terjadi antara sebuah bisnis dan konsumen akhir
produk;e-commerce bisnis-ke-bisnis (business-to-business—B2B) mengacu
pada transaksi antarbisnis dimana tidak ada pihak yang menjadi konsumen akhir.
Sebagai contoh, dalam rantai distribusi dari produsen ke distributor ke toko
eceran ke konsumen seluruh transaksi dari satu entitas ke entitas yang lain
adalah B2B sampai transaksi terjadi antara toko eceran dengan konsumen,yaitu
merupakan transaksi B2C.
Transaksi B2B melibatkan jumlah orang
yang relatif sedikit, biasanya mereka berada di dalam kelompok layanan
informasi dari perusahaan yang terpengaruh. Orang-orang yang terlibat dalam
transaksi B2B biasanya sangat terlatih dalam penggunaan sistem informasi dan
mengenal proses bisnis yang terpengaruh oleh transaksi tersebut. Karena terjadi
antar bisnis, jumlah transaksi B2B dapat relatif kecil tetapi dengan nilai yang
cukup tinggi. Satu transaksi antara toko eceran dengan konsumen, yang merupakan
transaksi B2C.
Manfaat-manfaat
yang Diharapkan dari E-Commerce
Perusahaan
melaksanakan e-commerce untuk mencapai perbaikan organisasi secara
keseluruhan. Perbaikan –perbaikan ini diharapkhan merupakan hasil dari tiga
manfaat utama :
1.
Pebaikan layanan pelanggan sebelum,selama,dan setelah penjualan
2.
Perbaikan hubungan dengan pemasok dan komunikasi keuangan
3. Peningkatan
imbal balik ekonomis atas pemegang saham dan investasi pemilik. Laba adalah
hasil dari sebuah organisasi yang mencapai tujuan e-commerce adalah
sarana pendukung yang kuat yang dapat membantu organisasi mencapai tujuannya.
Manfaat di atas akan memberikan
kontribusi pada stabilitas keuangan perusahaan dan memungkinkannya bersaing
dengan lebih baik di dalam dunia bisnis yang semakin luas menerapkan teknologi
komputer.
Kendala-kendala E-Commerce
Pada survei tahun 1960, 60 % perusahaan
yang memberikan respons menunjukkan bahwa mereka belum mengimplementasikan e-commerce dan
tidak memiliki rencana untuk melakukannya dalam waktu tiga tahun kedepan.
Bahkan pada tahun 2004, Departemen perdagangan AS melaporkan bahwa hanya 2,3 %
dari seluruh penjualan ritel kuatral keempat dilakukan dalam bentuk e-commerce. Ketika
ditanyakan mengenai alasan dari kehati-hatiannya,perusahaan menyebutkan 3
kendala dengan urutan sebagai berikut :
1.
Biaya yang tinggi
2.
Kekhhawatiran akan masalah keamanan
3.
Perantu lunak yang belum mapan atau belum tersedia
Masing-masing kendala di atas akan
semakin tertantang seiring dengan semakin populernya teknologi dan sistem
informasi. Biaya sumber daya komputasi pada akhirnya menurun. Seperti yang
diuraikan bab 1, hukum moore meramalkan penggandaan kekuatan komputer setiap 18
bulan. Dengan berlipatnya kekuatan setiap 18 bulan,
biaya e-commerce juga akan
turun.
Ruang Lingkup E-Commerce
Ketika anda membaca bagian ini,
pahamilah bahwa e-commerce bersifat dinamis dan ruang lingkup
pengaruhnya dapat berubah dalam waktu hanya beberapa bulan. Anda hendaknya
mengunjungi WWWCENSUS.GOV dan hubungkan ke halaman web e-stats untuk mengetahui
angka-angka e-commerce yang terakhir. E-commerce menyumbang
hampir $1,7 triliun untuk aktivitas perekonomian di amerika serikat selama
tahun 2003. E-commerce telah mencapai tingkat pertumbuhan tahunan
lebih dari 15% setiap tahunnya selama 5 tahun terakhir. Lebih dari 21 % penjualan
pabrik produksi AS ($843 miliar) pada tahun 2003 merupakan hasil
dari e-commerce. Hampir 17% penjualan dari distributor($730 miliar)
adalah e-commerce.
Jalan Menuju E-Commerce
Rencana bisnis strategis akan
membakukan komitmen untuk menggunakan e-commerceguna meraih keunggulan
kompetitif. Perusahaan pertama-tama harus memperoleh kecerdasan bisnis (business
intelligence) sehingga perusahaan tersebut akan dapat memahami peranan
potensial yang akan dimainkan oleh masing-masing unsur lingkungan.
INTELIGENSI BISNIS (BUSINESS
INTELLIGENCE)
Inteligensi bisnis atau business
intelligence menjadi sangat dibutuhkan karena pengambilan keputusan
pelaksanaan e-commerce itu terlebih dahuluu harus mengetahui tentang
perusahaan dan hubungannya dengan para pelanggan, pesaing, pemasok, dan
pihak-pihak eksternal lainnya. Inteligensi bisnis (business intelligence—BI) adalah
aktivitas pengumpulan informasi mengenai unsur-unsur di dalam lingkungan yang
berinteraksi dengan perusahaan.
Basis Data Eksternal
Perusahaan tidak harus mengumpulkan
informasi lingkungannya sendiri. Tersedia sejumlah basis data komersial penting
yang memberikan informasi mengenai hampir semua subjek. Perusahaan menggunakan
berbagai basis data ini untuk mendapatkan kecerdasan bisnis karena ia lebih
cepat dan lebih murah daripada meneliti beragam jenis sumber informasi. Basis
data pemerintah juga merupakan sumber informasi penting lainnya seperti
perpustakaan, biro sensus, biro statistik tenaga kerja, dan sebagainya.
Perusahaan menjadi semakin condong untuk melakukan pencarian eksternal sendiri
untuk kecerdasan pasar. Pencarian eksternal telah dibantu oleh adanya fakta
bahwa semakin banyak perusahaan memberikan informasinya sendiri di web.
Mesin Pencari
Suatu mesin pencari (search engine)
adalah suatu program computer khusus yang menanyakan satu kata atau kelompok
kata kepada pengguna untuk dicari. Program ini kemudian mencari isi situs-situs
web di internet untuk melihat apakah kata atau kata-kata tersebut terdapat di
situs-situs web tersebut. Beberapa contoh mesin pencari ini adalah seperti
Yahoo!, Google, MSN, Altavista, dan sebagainya.
STRATEGI E-COMMERCE DAN SISTEM
INTERORGANISASIONAL
Masalah dalam menentukan
strategi e-commerce yang terbaik memiliki beberapa kemungkinan
solusi. Namun, strategi yang paling sering disebut-sebut adalah strategi di
mana unsur-unsur yang ada dikaitkan dengan trabsmisi data elektronik. Strategi
dimana unsur-unsur yang ada dikaitkan dengan transmisi data
elektronik. Nama yang diberikan untuk strategi ini adalah sistem
interorganisasional,Istilah yang seringkali dipergunakan untuk IOS adlah EDI,
yang merupakan singkatan dari electronic data interchange(pertukaran data
elektronik).
SISTEM INTERORGANISASIONAL
Kita telah mengetahui bagaiman
perusahaan dapat membuat hubungan elektronik dengan perusahaan lain untuk
menciptakan suatu sistem interorganisasional(interorganizational sistem—IOS)
sehingga semua perusahaan bekerja bersama sebagai suatu unit yang
terkoordinasi,meraih manfaat yang tidak dapat diraih sendiri oleh setiap
perusahaan. Yang berpartisipasi disebut sekutu dagang,sekutu bisnis,atau alianis
bisnis.
Manfaat IOS
Sekutu dagang dapat memasuki suatu
kerja sama IOS dengan harapan akan dapat merealisasikan 2 manfaat penting: EDI
terdiri atas transmisi data langsung komputer-ke-komputer dalam suatu format
struktur yang dapat dibaca oleh mesin. Ketika jasa yang menjalankan dan
mengelola jalur komunikasi (yang kadang disebut sirkuit) diberikan selain jalur
ituh sendiri, disebut sebagai jaringan bernilai tambah(value added
network—VAN). Vendor yang memberikan VAN juga memberikan keahlian
yang berhubungan dengan jalur.
Ekstranet
Ekstranet (extranets)adalah cara lain
dari membuat suatu IOS. Perusahaan menggunakan ekstranet melalui kolaborasi
dengan pemasok-pemasok dan pelanggan-pelanggan besar yang telah dipercaya.
Keamanan dan privasi mendapat per hatian yang serius, sehingga ekstranet
biasanya diamankan di balik suatu firewall.
Sekutu-Sekutu Bisnis Proaktif dan
Reaktif
Sponsor IOS pada umumnya mengambil
pendekatan proaktif, merangsang minat akan IOS dan mendorong partisipasi di
dalam jaringan. Para partisipan pada umumnya merespons dengna cara yang
reaktif, menerima atau menolak penawaran sponsor untuk menerpakan IOS.
Pengaruh Penerapan
Ada empat faktor yang menentukan apakah
perusahaan akan mengambil langkah proaktif atau reaktif.
ü
Tekanan kompetitif. Ketika perusahaan berada dalam suatu posisi yang buruk
terhadap para pesaingnya atau ketika asosiasi industri atau perdagangan
memberikan tekanan yang kuat, perusahaan akan menerapkan IOS, seperti EDI,
dengan cara yang reaktif.
ü
Penggunaan kekuasaan. Ketika sebuah perusahaan dapat memaksakan kekuasaannya
atas anggota lain, ia akan proaktif dalam menerapkan IOS.
ü
Kebutuhan internal. Ketika perusahaan sadar bahwa partisipasi dalam IOS
merupakan salah satu cara untuk meningkatkan operasinya, perusahaan tersebut
akan melakukan pendekatan atas IOS dengan cara yang proaktif.
ü
Dukungan manajemen puncak. Tanpa melihat apakah perusahaan tersebut bertindang
dengan cara yang proaktif maupun reaktif, dukungan manajemen puncak selalu akan
mempengaruhi keputusan.
Manfaat-Manfaat Tidak Langsung IOS
- Mengurangi kesalahan
- Menurunkan biaya
- Meningkatnya efisiensi operasional
- Meningkatnya kemampuan untuk bersaing
- Memperbaiki hubungan dengan sekutu dagang
- Memperbaiki layanan pelanggan
STRATEGI B2C UNTUK E-COMMERCE
Nilai uang e-commerce B2B
membuat nilai uang e-commerce B2B terlihat begituh kecil. Hanya
sekitar 6 persen dari nilai e-commerce dihasilkan oleh B2B.
Jadi,mengapa memahami strategi bisnis untuk e-commerce B2B menjadi
begituh penting ? 2 alasan adalah semakin banyaknya jumlah produk dan jasa yang
tersedia untuk pengiriman digital dan semakin banyaknya pelanggan yang mampu
mengatasi keengganan mereka untuk melakukan pembelian menggunakan Web.
Produk-produk Digital
Beberapa produk dan jasa tertentu dapat
dikirimkan kepada pelanggan melalui internet. Dunia hiburan telah menjadi salah
satu produk awal yang mengambil manfaat dari internet. Satu perbedaan utama
antara pembelian produk-produk digital dengan produk-produk fisik melalui web
adalah bahwa produk digital dapat digunakan begitu selesai di-download.
Perbedaan lainnya adalah bahwa produk itu sendiri akan berpindah ke aset
pembelinya.
Produk-produk Fisik
Barang-barang fisik tidak dapat
dikonsumsi melalui web; sebagai gantinya, harus dikirimkan ke pelanggan. Pesanan
penjualan dapat diambil alih oleh web, tapi pengiriman harus tetap dilakukan.
Pos paket sering kali menjadi jasa paling murah yang diberikan, tetapi biasanya
membutuhkan waktu pengiriman yang paling lama.
Berkembangnya perusahaan-perusahaan
pengiriman surat/barang swasta telah secara langsung membantu e-commerce eceran.
Perusahaan memberikan sejumlah metode pengiriman alternatif dengan harga yang
berbeda-beda.
Penjualan Maya Versus Campuran
Penjualan maya (virtual sales) adalah
penjualan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan yang tidak mengoperasikan
tempat berjualan fisik. Dengan penjualan maya, tidak ada tokok dimana pelanggan
dapat masuk dan membeli produk. Penjualan campuran (hybrid sales) terjadi
ketika perusahaan memiliki tempat berjualan secara fisik dan situs web dimana
pelanggan dapat membeli produk. Kedua strategi penjualan eceran ini perlu
menginformasikan biaya dan fitur produk kepada pelanggan, mengatur pembayaran
pelanggan, dan menghasilkan pengiriman produk. Satu kesulitan yang dihadapi
oleh perusahaan yang menawarkan penjualan maya adalah memberikan informasi
produk yang dibutuhkan tanpa membingungkan pelanggan. Kendala lainnya adalah
bahwa gambar merupakan file yang berukuran besar, dan
mengomunikasikannya dari situs web ke komputer pelanggan akan memakan waktu.
Masalah ini dapat dikurangi dengan membatasi jumlah gambar yang ditampilkan
sampai pelanggan telah memusatkan perhatian pencarian mereka pada pilihan yang
relatif sedikit.
Penjualan maya paling sering
dipergunakan ketika perusahaan tidak dapat membangun sebuah tempat berjualan
fisik atau menemukan tempat berjualan fisik yang layak secara ekonomis.Penjualan
campuran terkadang disebut sebagai operasi brick-and-click. Kebanyakan
perusahaan memiliki tempat berjualan karena biasanya hal tersebut dibutuhkan
untuk rencana bisnisnya. Contoh yang paling populer pada saat ini adalah
penjualan produk melalui jejaring sosial seperti Facebook atau situs lain
seperti www.kaskus.us,
dimana penjualan yang mereka lakukan biasanya merupakan penjualan maya atau pun
penjualan campuran.
Pemerintahan Elektronik
Pemerintahan juga dapat mengambil
manfaat dari e-commerce.satu contoh adalah polk Country di Florida. Kantor
Pajak Polk County menggunakan layanan online melelang sertifikat pajak bumi dan
bangunan pada tahun 2005. Sertifikat pajak adalah cara bagipemerintah daerah
untuk mengasih pajak bumi dan bangunan yang belum dibayar. Seorang individu
akan memberikan penawaran untuk properti yang memiliki pajak tertunggak,
membayar pajak tersebut, dan menagih pajak dai pemiliknya, plus sejumlah bunga
atas pajak yang terutang.
LANGKAH E-COMMERCE BERIKUTNYA
Perdagangan bergerak
Perdagangan bergerak (mobile commerce
atau m-commerce) adalah penggunaan telepon seluler dan asisten
digital pribadi (personal digital assistant—PDA) untuk
melakukan e-commerce nirkabel. Seiring dengan berkembangnya teknologi
telepon seluler dari generasi analog menjadi generasi digital, istilah
telekomunikasi generasi ketiga (thirdgeneration—3G)telah secara longgar
dipergunakan untuk teknologi-teknologi nirkabel yang mampu memindahkan data.
Nirkabel Berkelas Bisnis di Semuah
Tempat
Hot spot Internet nirkabel cukup
memadai untuk penggunaan Web umum maupun pribadi,namun memeriksa e-mail di
sebuah kedai kopi Strabucks adalah suatu cara yang kurang memadai bagi
profesional bisnis. Hot spot biasanya diciptakan dengan menggunakan suatu
koneksi kabel (untuk kecepatan komunikasinya yang tinggi) dan kemudian
dipancarkan melalui sebuah poin akses nirkabel ke suatu wilayah yang kurang
lebih berjarak 100 meter dari poin akses tersebut dan penerimaan data oleh
seseorang melalui suatu jaringan yang kompleks yang melibatkan banyak komputer
dan koneksi jaringan adalah suatu hal yang memungkinkan untuk dilakukan.
MENGGUNAKAN INTERNET
Internet bermula dari ketika pemerintah
AS membuatsutu jaringan dengan nama ARPANET. Usaha-usaha yang diawali ditahun
1989 mengarah pada apa yang kita kenal sebagai World Wide Web.
World Wide Web
Pada tahun 1989, Tim Berners-Lee,
seorang ilmuwan komputer yang bekerja di CERN, laboratorium fisika partikel
eropa, menemukan cara yang lebih baik bagi fisikawan untuk saling
berkomunikasi. Ide ini adalah menggunakan hypertext-dokumen untuk
elektronik yang saling terkait. Ide ini menjadi kenyataan pada pertengahan
tahun 1992 dalam bentuk World Wide Web. Ia juga memungkikan dikirimkannya hypermedia-multimedia
yang terdiri dari teks, grafik, audio, dan video – melalui World Wide Web. World
Wide Web adalah informasi yang dapat diakses melalui internet dimana
dokumendokumen hypermedia(file-filekomputer) diimpan dankemudian diambil
dengan cara-cara yang menggunakan metode penentuan alamat yang unik.
Para pengguna juga dapat menyalin file
ke komputer mereka dari semua situs Web dengan menggunakan File Transfer
Protocol (FTP). Beberapa perusahaan membuat situs FTP di luar premis utama
mereka untuk memberikan file yang memuat informasi produk, updateperanti
lunak, rilis berita, dan informasi lain.
CYBERSPACE DAN
SUPERHINGHWAY INFORMASI
Dua istilah lain yang juga dikaikan
dengan Internet dan Web— cyberspace dan superbigbway (jalan bebas hambatan
super)informasi. Istilah cyberspace diperkenalkan ketika penulisan William
Gibson menggunakan dalm bukunya Neuromancer menggambarkan suatu masyarakat yang
telah menjadi budak teknologi. Kini ,cyberspace berarti dunia Internet dan
World Wide Web. Istilah superhinghway informasi digunakan dalam konteks yang
sama, tetapi tidak ada suatu kesepakatan penih mengenai dampak akhirnya pada
masyarakat.
Standar Internet
Salah satu alasan utama mengapa
internet dan Web telah diterima dengn tangan terbuka oleh para pengguna
komputer di seluruh dunia adalah karena keduanya bkerja sama suatu system
tunggal yang dapat digunakan dari platform komputer apapun. Agar hal ini
memungkinkan terjadi, setiap orang yang memberikan kontribusi pada internet dan
arsitektur Web harus mengikuti aturan-aturan yang sama.
APLIKASI BISNIS INTERNET
Pertumbuhan jumlah situs internet yang
fenomenal telah menjadikan internet sebagai sumber informasi tidak dapat
diabaikan. Internet Software Consortium (www.isc.org) telah membuat grafik
peningkatan nama-nama domain dari hanya beberapa di awal 1990-an, menjadi lebih
dari 353 juta pada bulan Juli 2005. Domain-domain baru ini mencerminkan
kemungkinan pelanggan-pelanggan, pemasok dan sekutu-sekutu bisnis baru. Semua
area perusahaan dapat menggunakan internet, tetapi satu area yang penting
adalah manajemen pasokan. Khususnya, manajemen rantai pasokan bagi penyedia
layanan kesehatan mendapat perhatian khusus karena cepatnya kenaikan biaya
jasa-jasa medis. Aplikasi ritel juga penting dan menjadi satu tandingan yang
baik bagi contoh B2B pada manajeman rantai pasokan.
E-commerce dan Manajemen Rantai
Pasokan Rumah Sakit
Rumah sakit harus memesan persediaan,
dan merupakan hal yang sangat penting bagi layanan pasien bahwa persediaan
medis yang tepat tersedia bagi kebutuhan para pasien. Rumah sakit telah
melakukan sebagian besar pembelian mereka seara online. Manfaat ekonomis
dari pembelian online sebagai ganti dari pembelian manual hanya
berkisar 5% dan jika dibandingkn dengan keuntungan yang direalisasikan dari
semakin kecilnya kesalahan pesanan pembelian, standardisasi produk yang lebih
baik, membaiknya kepatuhan atas kontrak, dan kepentingan-kepentingan manajerial
lainnya.
Cap Gemini Ernst & Young telah
merangkum suatu bursa perdagangan klinis (clinical commerce exchange) yang
digunakan melalui Internet. Global Healthcare Exchange membantu rumah sakit
mengimplementasikan bursa pedagangan klinik. Perusahaan ini telah membantu Cape
Fear Valley Health System di California Utara, dalam membuat satu sambungan
bursa perdagangan baru dengan satu vendor dalam waktu satu jam. Kecepatan dan
kemudahan sambungan ke vendor baru pada e-commerce adalah insentif yang
kuat untuk perubahan. Akan tetapi pengalaman dari Cape ear Valley System
menunjuk pada perubahan-perubahan manajerial yang penting. Pertama, dalam
sistem sebetulnya pembeli cenderung membeli apapun yang diinginkan oleh dokter
dan pegawai klinik lain, tanpa melihat harganya. Kedua, tingginya biaya untuk
membuat EDI membuat vendor-vendor kecil tidak dapat melakukan e-commerce dengan
rumah-rumah sakit.
Aplikasi Ritel
Aplikasi bisnis web yang paling dikenal
masyarakat umum adalah ritel. Sebagian besar rantai ritel besar telah hadir di
web. Banyak peritel membuat home pagemereka yang dapat secara langsung
diakses melalui web. Beberapa lebih memilih untuk bergabung dengan toko-toko
lain di suatu situs gabungan yang disebut mal maya (virtual mall) dengan harapan
bahwa satu nama mal akan lebih mudah untuk dikenali dan ditemukan daripada nama
toko mereka masing-masing. Statistik pembelian onlinejuga menarik. Suatu
studi pada tahun 2005 menemukan bahwa 70% pembeli dewasa di Amerika Serikat
menggunakan internet sebagai sumber informasi untuk membantu dalam perbelanjaan
mereka. Trennya adalah semakin banyak belanjaonline.
SARAN-SARAN KEBERHASILAN PENGGUNAAN
INTERNET
- Pastikan situs Web Anda kuat.
- Pastikan browser dan struktur basis data Anda fleksibel maupun intuitif.
- Menekankan isi.
- Sering diperbarui.
- Melihat di luar pelanggan.
- Tujukan isi pada kebutuhan spesifik pengguna.
- Menjadikan Internet intuitif.
- Berada di lokasi Web yang tepat.
- Ciptakan rasa kebersamaan.
- Carilah bantuan jika Anda membutuhkannya.
Saran-saran di atas sekaligus
menunjukkan bahwa memanfaatkan web secara sepenuhnya ternyata tidak hanya
sekadar membuat halaman web saja. Keberadaan web yang baik membutuhkan lebih
banyak usaha daripada kebanyakan proyek-proyek lain yang tidak berhubungan
dengan web.
DAMPAK INTERNET PADA BISNIS DI MASA
MENDATANG
Amerika Serikat telah melihat tingkat
pertumbuhan tahunan e-commerce yang substansial sebesar hampir 15%
selama lima tahun terakhir. Jumlah e-commerceyang luar biasa terjadi antar
bisnis. E-commerceB2B nampaknya tidak berdampak pada pelanggan, tetapi
harga yang lebih rendah dan layanan pelanggan yang lebih baik yang dimungkinkan
oleh B2B adalah hal yang membuat organisasi bisnis kompetitif. Masih ada dampak
lain yang akan diberi oleh jasa telepon 3G pada e-commerce B2C.
Amerika Serikat telah lambat
dalam mengambil keuntungan dari jasa ini, dan Eropa khususnya Jepang terus maju
dengan aplikasi-aplikasi bisnis yang inovatif. Ini juga akan memungkinkan
pelanggan dengan telepon 3G melakukan pembelian dengan menggunakan telepon
mereka sebagai kartu debit atau kartu kredit. Bahkan telepon 4G yang lebih
cepat telah diuji di Cina dan Jepang dan seharusnya akan tersedia tidak berapa
lama lagi. Jepang mengambil posisi pimpinan dalam penggunaan telepon selular
untuk transaksi-transaksi keuangan. Seiring dengan AS yang mulai mengejar
ketertinggalannya dalam penggunaan jasa seluler 3G yang lebih luas, seperti
jasa seluler “broadband” Verizon, AS dapat menjadi satu pemimpin dunia dalam
bidang e-commerce melalui peralatan selular.
0 komentar:
Posting Komentar