BAB 8
INFORMASI DALAM PRAKTIK
Informasi dalam praktik merupakan salah satu faktor penting penentu keberhasilan bagi suatu perusahan maupun organisasi dalam bentuk lainnya.
Manajer sering memusatkan perhatian hanya pada beberapa aktivitas penting saja, yang disebut sebagai faktor keberhasilan kritis (Critical Succes Factor-CSF), yang memiliki pengaruh sangat besar pada sebuah perusahaan. dengan memusatkan perhatian pada CSF manajemen memusatkan bahwa ia akan menghabiskan waktunya pada hal-hal yang benar-benar berarti. Kemampuan sebuah perusahaan untuk mengembangkan sistem inforrmasi yang efektif merupakan salah satu tindakan dari CSF-nya.
Operasi sebuah perusahaan ini akan diproses menggunakan sistem pemrosesan transaksi hingga menghasilkan suatu aplikasi yang saat ini benar-bhenar populer yaitu CRM (Custommer Relationship Managenent). CRM memiliki kebutuhan data yang begitu besar dan penting sehingga dibutuhkan suatu jenis sistem penyimpanan yang inovatif yang disebut dengan data Warehouse (gudang data), data tersebut dapat diambil dan dengan cepat dapat dijadikan sebagai pengambilan keputusan dalam perusahaan.
Suatu jenis piranti lunak khusus yang telah dikembangkan yang disebut dengan OLAP (on-line analitycal processing) dikembangkan untuk memberikan informasi kepada para pengguan data warehouse. terdapat dua pendekatan dalam piranti lunak OLAP yaitu : ROLAP dan MOLAP.
ROLAP (relatioal on-line analitycal processing) menggunakan suatu jenis sistem basis data relasional standart. sedangakan MOLAP (multidimensional on-line analitycal processing) menggunakan suatu sistem manajemen basis data khusus multidimensional.
Sistem-sistem informasi yang ada pada organiasasi dibagi menjadi empat area bisnis yaitu ;
- SIM Marketting yang memberikan informasi yang berhubungan dengan aktivitas pemasaran sebuah perusahaanaya.
- SIM SDM (Sumber Daya Manusia) yang membeikan informasi kepada seluruh manajer perusahaan yang berkaitan dengan sumber daya perusahaan lainnya.
- SIM Finance yang memberikan informasi kepada seluruh manajer perusahaan yang berkaitan dengan aktivitas keuangan perusahaan.
- SIM Manufaktur yang memberikan informasi kepda seluruh manajer perusahaan yang berkaitan dengan operasin manufaktur perusahaan.
Keempat area-area bisnis tersebut akan menghasilkan informasi yang digunakan oleh para manajer dalam mengambil keputusan dan memecahkan masalah. disamping itu keempat area-area bisnis tersebut harus bisa menyesuaikan teknologi manajemen yang ada pada sebuah perusahaan agar perusahaan tidak ketinggalan dengan teknologi-teknologi yang ada pada saat ini.
Kenyataannya semakin majunya teknologi pada saat ini mendorong masyarakat untuk mencoba teknologi-teknologi yang baru yang berkelas dan yang lebih penting masyarakat tidak ingin ketinggalan jaman dengan teknologi-teknologi jadul yang sudah tertinggal jauh dengan tekhnologi yang baru.
0 komentar:
Posting Komentar